Jumat, 05 April 2013

Cara Pembuatan kandang yang baik untuk Memelihara Ayam Pelung

Kandang merupakan tempat tinggal untuk binatang ternak, termasuk ayam pelung, fungsinya untuk membatasi gerak dan melindungi ternak dari cuaca yang tidak menguntungkan. Gerakan yang terbatas brguna untuk menghemat energi ternak., sehingga dapat disimpan untuk produksi daging dan telur. Selain itu, ternak yang dilindungi dari cuaca buruk dapat lebih tahan dari serangan penyakit.

Pada awalnya peternak ayam pelung memperlakukan ternaknya seperti beternak ayam buras. Ayam pelung dibiarkan berkeliarkan mencari makan sendiri. Kemudian pada malam harinya dibiarkan tidur disembarang tempat.

Selanjutnya peternak mulai membuatkan kandang dan mulai memisahkan perkandangan sesuai periode umur dan jenis kelamin. Namun peternak masih memberi tempat untuk mengumbarnya dalam pekarangan yang berpagar. Pemeliharaan sistem ini mengharuskan peternak menyediakan pekarangan yang lebih luas jika jumlahnya lebih banyak.

Kini peternak yang memiliki lahan sempit pun tetap dapat beternak ayam pelung dalam jumlah besar dengan menggunakan sistem antara semi intensif dan intensif. Pada sistem ini terkadang terbagi dalam periode umur tapi tidak memakai tempat umbaran lagi. Ayam pelung tetap tinggal di dalam kandang sepanjang hidupnya.

Pemilihan Lokasi Kandang Ayam pelung
Cianjur yang sejuk merupakan daerah asal ayam pelung. Oleh karena itu, lahan untuk kandang ayam pelung sebaiknya dibuat pada daerah yang sejuk pula. Namun apabila lahan yang tersedia berhawa panas terutama pada daerah pesisir, hal ini dapat diatasi dengan berbagai cara sebagai berikut :

Sebelum perkandangan dibuat, lahan sekelilingnya ditanami dengan tanaman yang cepat tumbuh dan rindang. Lebih baik lagi bila tanaman itu menghasilkan, seperti tanaman buah-buahan. tetapi jangan sampai lahan menjadit erlalu rimbun sehingga kekurangan sinar matahari
Kolam dibuat di tempat yang akan dijadikan sebagai kandang ayam pelung, sehingga selain memberikan kesejukan juga bisa sekaligus memelihara ikan. Selain itu, juga sebaiknya tersedia fasilitas pendukung, seperti aliran listrik perseduaan ait yang memadai sepanjang tahun, dekat dengan sumber bahan-bahan pakan, dan dekat jalan untuk memudahkan transportasi

Syarat Kandang Ayam Pelung

Perkandangan ayang pelung sebaiknya memiliki beberapa syarat antara lain :
Jauh dari rumah hunian penduduk sehingga masyarakat sekitar terhindar dari bau dan kotoran
Mempunyai sirkulasi udara uang baik dan cukup mendapatkan sinar matahari (terutama pagi hari) yang berguna bagi kesehatan ayam pelung.
Menjamin keselamatan ayam pelung daru binatang pengganggum seperti tikus, musang, dan melindungi dari cuaca yang tidak menguntukan seperti panas terik, dingin yang mencekam
Memudahkan tata laksana pemeliharaan antara lain pemberian pakan, pengambilan terlur, dan pembersihan kandang ayam pelung.

Bahan Kandang ayam pelung

Bahan kandang tidak perlu mahal yang penting kuat, sesuai dengan penggunaan, mudah didapat dan ekonomis. Beberapa bahan yang bisa digunakan antara lain bambu kayu, genteng, rumbia, dll

Macam dan konstruksi kandang ayam pelung

Ada beberapa macam kandang ayam pelung yang dapat digunakan pada pemeliharaan ayam pelung. Jenis kandang ayam pelung yang dipakai sesuai dengan sistem dipakai, situasi dan kondisi setempat, serta dana yang tersedia.

Kandang lantai rapat

Merupakan kandang koloni (memuat banyak ayam) yang terbuat daru bambu atau semen. Untuk mengurangi kelembaban dari kotoran dan lantai (terutama lantai semen) diperlukan alas (litter) yang menutupi seluruh lantai kandang.

Alas bisa dibuat dari bahan-bahan organik atau nonorganik, asal bahannya kering dan berdaya serap. Daya serap alas penting untuk mejaga agar lantai tetap kering. Bahan-bahan itu antara lain berupa : sekam, serbuk gergaji, pasir, kapur, kerikil. Penghamparan alas dibuat sedemikian rupa yang didahului pembersihan dan fumigasi lantai. Susunan alas kandang ayam pelung adalah sebagai berikut :
Pasir ditaburkan secara merata dan meruoakan lapisan pertama
Lapisan kedua berupa kapur matang. Kapur matang berfungsi untuk mengurangi penguapan
Lapisan ketiga berupa kerikil yang berguna untuk melancarkan penguapan kapur
Sebagai lapisan terakhir digunakan sebuk gergaji, sekam, atau padi yang berujuan untuk mencegah kebecekan kandang akibat kotoran ayan atau air minum, selain itu berguna untuk kenyamanan ayam.
Kandang lantai ayam pelung renggang

Kandang ini lantainya berkisi-kisi sehingga kotoran bisa langsung jatuh. Beberapa keuntungan penggunaan kandang ini sebagai berikut.
Kesehatan ayam lebih terjamin karena kotoran langsung jatuh dan peternak tidak repot membersihkannya.
Daerah yang sering banjir menjadi lebih aman karena tidak tergenang. Selain itu, bila atap bocor kandang tidak menjadi becek.
Jika pemeliharaan dipadukan dengan ikan, maka kotoran ayam yang jatuh akan menjadi makanan ikan.

Berdasarkan jumlah ayam yang dapat ditempatkan dalam kandang, maka kandang ayam pelung, maka kandang tersebut dibedakan atas

Kandang individu Battery : Merupakan kandang yang hanya diisi dengan satu ekor ayam pelung Bisa digunakan untuk kandang ayam pelung dewasa maupun remaja

Kandang Koloni : merupakan kandang yang dapat diisi beberapa ekor ayam yang jumlahnya tergantung dari periode umur dan luas kandang. Bisa digunakan untuk anakan, ayam remaja, dan ayam pelung yang sudah dewasa.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © Ternak Ayam Kampung Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger